BERBAGI
ilustrasi

sorotbekasi.com – Kasat Lantas Polrestro Bekasi Kota AKBP Harry Sulistiadi mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan menerapkan aturan baru bagi para Pemohon SIM baru A dan C.

Salah satunya dengan memiliki sertifikat lulus uji dari kursus mengemudi swasta yang sudah tersedia dikota bekasi.

Adapun pemberlakuan aturan baru tersebut ditujukan guna menciptakan rasa aman dalam berkendara dan pengguna jalan yang sehari hari menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Dengan adanya sertifikat, pemohon bisa menguasai tehnik dalam mengemudi dijalan raya.

Meski aturan ini kurang populis Harry berharap bisa diterima oleh setiap pemohon SIM dan ditananggapi secara positif aturan batu tersebut. Sebab hal ini berkaitan dengan tata cara mengemudi yang baik dalam menggunakan kendaraan roda dua dan empat dijalan raya.

“Pentingnya sertifikasi kelulusan belajar mengemudi dewasa ini yang diperoleh pemohon dari penyedia kursus mengemudi yang ada dikota bekasi, seyogyanya dapat memberi pemahaman terhadap masyarakat dan pemohon SIM dalam berkendara,” ujarnya disela sela inspeksi rutin kantor pelayanan Satpas SIM kepada Wartawan.

Selain itu ia juga berharap informasi tersebut bisa diserap masyarakat secara positif dan dapat merubah mindset (pola pikir) para pengemudi.

“Aturan baru ini diharapkan bisa mendorong para pemohon untuk lebih memahami betapa pentingnya sertifikat kelulusan uji kendaraan sebelum mendaptarkan SIM di Satpas Polrestro Bekasi Kota,” ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan petugas praktek SIM Bripka Sokwan, bahwa setiap pemohon yang melakukan uji praktek akan terlebih dahulu diberikan himbauan tentang tatacara mengemudi kendaraan bermotor dilapangan. Hal ini guna memberi edukasi pemohon dalam berkendara di jalan raya.

“Setiap pemohon paling tidak memahami betul mengemudi kendaraan dan rambu rambu lalu-lintas jalan raya, agar dapat diaplikasikan dijalan raya,” katanya.

Tak hanya itu saja, Sokwan juga menuturkan bagi pemohon yang gagal praktek pengujian SIM bisa mengulang satu pekan kedepan untuk melakukan tes praktek kendaraan di Satpas SIM Polrestro Bekasi Kota.

“Upaya ini dilakukan bagi pemohon yang gagal uji praktek,agar kedepan bisa memperbaiki dalam mengemudi saat dilakukannya uji ulang praktek SIM baik roda dua dan roda empat oleh petugas penguji praktek dilapangan,” tutupnya. (fer)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here