BERBAGI
Presiden Joko Widodo dan Irianan Jokowi di Royal Botanic Garden, Sydney, Sabtu (17/3/18).

sorotbekasi.com – Presiden Joko Widodo mengatakan tentang menjaga kerukanan di tengah keberagaman kepada para pemuda lintas agama dari Indonesia di Sydney, Australia.

Kepala Negara menyatakan bahwa seluruh elemen bangsa harus rukun meskipun memiliki agama dan suku yang beda-beda.

“Semuanya harus rukun untuk bangsa dan Tanah Air dari agama dan suku yang beda-beda,” kata Jokowi di Royal Botanic Garden, Sydney, Sabtu (17/3/18).

Kunci kerukunan menurut Jokowi adalah dengan cara saling terbuka, saling menghargai, serta menghormati perbedaan-perbedaan yang ada. Intinya kata Presiden adalah menjaga persatuan, persaudaraan dan kerukunan menjadi kunci keberhasilan dan kemajuan bangsa.

“Kita ini kalau terbuka, saling bisa menghargai, menghormati, perbedaan-perbedaan yang ada, tidak saling mencela, menjelekkan, menyalahkan semua bisa,” tambah Presiden.

Meski demikian Presiden juga menyadari bahwa semua manusia pasti punya kesalahan dan tidak sempurna. Karena itu ia mengingatkan untuk satu saudara.

“Presiden kan juga manusia biasa, banyak kekurangannya, masih ada kekurangannya, semua menyadari seperti itu, banyak kekurangan, kesalahan, salah biasa namanya juga manusia,” ungkap Presiden.

“Kita harus merasa satu saudara, bagaimana kalau tidak rukun, ini yang sering rame-rame di media sosial. Pada kenyataaanya saya rasa biasa-biasa saja, anak muda sekarang semuanya sudah bisa saling membantu, berangkulan, bisa bersatu, potensi menjadi kekuatan besar anak muda,” tambah mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Apalagi, menurut Presiden, pada 2030 nanti Indonesia akan memiliki bonus demografi sehingga menjaga persatuan, persaudaraan dan kerukunan menjadi kunci keberhasilan sumber daya manusia Indonesia.

“Kita, kalau misalnya lomba matematika, fisika di dunia pasti ada yang menang, juara 1, 2, 3, ya artinya itu kita pinter. Jadi jangan sampai kita mau diadu-adu, diingatkanlah kalau ada begitu, diingatkan dari yang muda-muda dulu langsung,” kata Jokowi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here